Cara Merawat Cash Register

CARA MERAWAT CASH REGISTER :

Semua peralatan yang kita miliki akan lebih awet bila kita melakukan perawatan. Sering juga kita menggunakan barang/mesin yang mungkin kita tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Berikut cara-cara atu tips bagaimana merawat cash register .

TEGANGAN :

-Pastikan kabel listrik menancap ke stop-kontak dengan rapat. Jangan menancapkan pada stop-kontak yang longgar. Karena pada kondisi tertentu bisa merusak bagian power suply Cash Register.
–> Jangan jadikan satu antara Cash register dan peralatan elektronik yang derdaya besar dalam satu titik stop kontak.
–> Tegangan kerja adalah 220 Volt ± 10%
–> Gunakan Stavolt (stabiliezer voltage) apabila kondisi tegangan sering naik – turun. Stavolt yang bagus biasanya menggunakan motor.
–> Apabila terjadi listrik tiba-tiba mati, segera cabut colok listrik nya.
–> Biarkan listrik menyala beberapa saat ± 1menit,lalu Tancap kembali listriknya. Ini perlu sekali di lakukan guna menghindari kejutan pada listrik yang baru menyala.

PERAWATAN FISIK :

Dalam periode pemakaian yang lama biasanya mesin sudah mulai kelihatan kotor,debu sudah mulai masuk ke sela-sela keyboard,casing jg terlihat kotor,berikut beberapa cara utk membersihkannya :
>> Ambil lap yang lembut,basahi sedikit dengan air yang sudah di kasih sabun pembersih (rinso),jangan sampai ada tetesan. Tidak dianjurkan menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol…!!
>> Matikan power Cash Register dan Cabut kabel listriknya.
>> Lap bagian luar (chasing) nya sampai merata.
>> Jangan menge-lap bagian keyboard dan printer…!! di kawatirkan lap terlalu basah yang kemungkinan bisa menetes dan masuk ke dalam sele-sela keyboard dan printer. Ini bisa merusak Cash Register anda.
>> Ambil lap kering dan sedikit basah,lalu lap bagian yang telah di usap dengan cairan pembersih.
>> Untuk bagian keyboard dan printer sebaiknya dibersihkan kuas yang bersih. Atau dengan menggunakan semprotan angin (memakai blower), apabila anda tidak ada blower bawalah Cash Register anda ketempat tambal ban yang ada kompresor. Tiupkan anginnya ke sela-sela keyboard dan printer.
>> Sebelum di tiup angin,lepas kertas pada printer,dan diarkan printer keadaan terbuka.
Itulah cara sederhana yang bisa membuat Cash Register anda akan selalu terlihat seperti baru.

BATTREY BACKUP (BATTREY MEMORY)

Semua Cash Register dilengkapi dengan Battrey memory. Jadi, semua data menu dan data program beserta data laporan disimpan dalam memory (RAM) yang dijaga oleh battrey memory. Pada Cash Register Sharp battrey memory biasa ditempatkan di pojok dekat printer. Type batrey AA biasa. Battrey ini pada masanya bisa habis/rusak yang bisa berakibat seluruh data akan hilang (clear-all). Bila Ini terlanjur terjadi data anda tidak akan bisa di kembalikan alias anda harus input kembali data nya satu per satu.
Bagaimana antisipasi agar data tidak sampai hilang..??
Indicator “low-battrey” akan muncul di layar pada saat power battrey memory sudah mulai berkurang. Disinilan saat anda harus mengganti battrey tersebut dengan battery yang baru.
Caranya adalah :
– Biarkan Cash Register anda tetap kondisi menyala,
– Buka tutup battrey memory (tempat batrey berada di dekat printer)
– Ambil /lepas battrey tiga-tiganya,
– Ganti battrey dengan yang baru, gunakan type battery Alkaline untuk kekuatan lebih lama.
– Pasang kembali penutup battrey nya.
Ingat…..!!!
Jangan memasang battrey dengan keadaan Cash Register mati.
Biarkan Cash Register anda menyala pada saat penggantian battery.

Salam sukses,buat anda peng-klik cashregistersharp.com

5 Responses to Cara Merawat Cash Register

  1. agus setiawan says:

    saya baru saja membeli cash register sharp xe-a207b, tapi tidak ada software pclinknya, apakah saya dapat memperolehnya? mohon bantuannya. dan saya tertarik untuk membuat logo sendiri mohon bantuannya untuk membuat logo. terima kasih banyak atas bantuannya

  2. admin says:

    u/Taufiq,
    lebar melalui telp.
    Terimakasih,salam sukses.
    klik & like me on fb
    Mesin Kasir Sharp ER-A410

  3. ivan says:

    cash register xe-a213 waktu mencetak ada bagian yg hilang sehingga membentuk garis lurus putih ke bawah. Dicoba bersihkan masi tetap muncul maalahnya. Kemungkinan apa yg bisa terjadi?

    • admin says:

      u/ sdr Ivan,
      Bila upaya pembersihan thermalhead sdh anda lakukan dan hasil sama kemungkinan besar thermalhead anda rusak,anda harus mengganti 1 set printer nya dengan yg baru pasti masalah anda selesai
      Terimakasih,salam sukses.
      klik & like me on fb
      Mesin Kasir Sharp ER-A410

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>